Cara membobol Password BIOS yang Terkunci

MAS TONGKRORING kali ini membahas tentang BIOS,
Bios yang di kasih password di gunakan untuk member keamanan pada computer,
Lebih tepatnya Tongkrongin  akan membahas password pada BIOS ,
Sobat-sobat..
Password bios komputer atau laptop diaktifkan, maka setting BIOS akan aman terlindung dari akses pihak yang usil. Selain itu langkah ini bisa juga untuk melindungi penggunaan komputer / laptop oleh pihak yang tidak berwenang, karena password selalu diminta saat booting.
Sayangnya bisa timbul masalah kalau kita lupa passwordnya. Kita tidak bisa masuk ke setting BIOS, juga tidak bisa menggunakan komputer. Jika sobat blog menemui masalah tersebut, cara membobol password BIOS di bawah ini bisa dicoba



Ada banyak cara yang bisa digunakan untuk membobol password BIOS komputer agar reset kembali ke setting defaultnya. Berikut ini langkah-langkahnya:
  1. Melepas baterai CMOS
  2. Dengan cara men-jumping motherboard
Oke, ini penjelasannya
1. Lepaskan baterai CMOS
Semua motherboard memiliki sebuah baterai kecil seukuran koin yang disebut CMOS battery. Fungsi baterai ini adalah memberi arus listrik pada chip CMOS agar bisa digunakan untuk menyimpan semua setting BIOS.

Untuk mereset password, lepaskan baterai tersebut dari motherboard, kemudian tunggulah sekitar 15 – 30 menit, lantas pasang kembali baterai tersebut. Langkah ini akah mereset semua setting BIOS ke nilai default termasuk menonaktifkan passwordnya. Jangan lupa untuk kembali melakukan setting manual terhadap parameter BIOS jika diperlukan.
2. Dengan melakukan jumping motherboard
Hampir semua motherboard memiliki jumper untuk mereset setting yang tersimpan di CMOS termasuk password BIOS. Letak jumper ini bervariasi, tetapi biasanya terletak dekat baterai CMOS. Lebih baik Anda lihat manual motherboard.
Untuk menemukannya lihatlah jumper yang terletak dekat baterai CMOS. Jumper ini memiliki 3 pin, dan biasanya tertera label di sampingnya bertuliskan CLR, CLEAR, CLEAR CMOS, atau semacam itu. Saat Anda menemukannya, dua pin pertama akan dihubungkan oleh konektor berupa kotak kecil (soket jumper). Itu adalah pin 1 dan 2, sedangkan pin 3 bebas. Nah, silahkan cabut soket jumper tersebut kemudian pindahkan ke pin 2 dan 3. Jadi pin 2 dan 3 terhubung, sedangkan pin 1 bebas. Tunggulah beberapa detik, kemudian kembalikan lagisoket jumper tersebut ke posisi asalnya (pin 1 dan 2). Langkah ini akan mereset setting CMOS dan password BIOS.
Perhatian! Lakukan dalam kondisi komputer mati dan kabel power dicabut. Jangan lupa menempatkan posisi soket jumper ke posisi semula (tancapkan pada pin 1 dan 2) sebelum menyalakan komputer. Kelalaian akan hal ini akan menyebabkan rusaknya chip BIOS dan komputer Anda akan mati total!

Selamat mencoba sobat untuk tongrongin komputermu lagi

Penulis : story wanda ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Cara membobol Password BIOS yang Terkunci ini dipublish oleh story wanda pada hari Rabu, 07 Desember 2011. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 1komentar: di postingan Cara membobol Password BIOS yang Terkunci
 

1 komentar: